Tumbuh kembang anak harus diperhatikan dan dibantu sejak dini. Mulai dari mengangkat kepala, duduk, merangkak, sampai berjalan. Meski merupakan tahap alami, tentu saja stimulus atau dorongan dari orangtua sangat dibutuhkan si kecil agar bisa berkembang dengan semestinya. Begitu pun dengan kemampuan berjalan.

Biasanya, si kecil mulai berjalan saat menginjak usia 9-15 bulan. Nah, berikut ini ialah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk membantu perkembangan berjalan anak.

Biarkan Si Kecil Bebas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membiarkan anak bebas. Membiasakan anak ada di gendongan atau stoller akan menghambat anak untuk mengeksplorasi sekitar. Sebaiknya, hindari juga larangan-larangan saat buah hati ingin mencoba berdiri ataupun bergerak semaunya. Biarkan anak tetap bebas dalam pengawasan.

Latih Berdiri

Pada usia 9 bulan, anak sudah memiliki kemampuan untuk menopang tubuhnya sendiri. Karena itulah, orang tua sudah dianjurkan untuk melatih anak berdiri. Latih sedikit demi sedikit, buat Si Kecil berdiri tegak setiap setengah menit. Dengan begitu, lama kelamaan ia akan terus terbiasa berdiri.

Bantu Anak Berjalan

Saat anak sudah mampu berdiri dengan benar, cobalah untuk mengajaknya berjalan sedikit demi sedikit. Bantu anak dengan menggandeng tangannya. Tak hanya itu, saat si kecil mencoba berjalan sendiri cobalah untuk membiarkannya. Hindari perasaan takut dan ragu-ragu saat membiarkan anak berjalan sendiri, karena ekspresi semangat dari orang tua akan membuat anak melangkah lebih berani.

Dorong dengan Mainan

Langkah lain ialah berikan stimulasi tambahan pada anak dengan mainan kesukaannya. Cobalah untuk memainkan mainannya sambil berdiri pada jarak yang sulit ia jangkau, dengan begitu anak akan terpacu untuk menggapai mainannya dengan berjalan.

Pastikan Lantai Bersih

Selain beberapa cara di atas, memperhatikan kebersihan lantai pun perlu diperhatikan, karena saat belajar berjalan anak bisa saja terjatuh di lantai. Membiarkan anak belajar berjalan pada lantai yang kotor akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Untuk lantai yang bersih, Anda bisa menggunakan SoKlin Lantai setiap kali mengepel rumah. Nano Technologi dalam SoKlin Lantai akan membuat lantai lebih bersih karena mampu membersihkan lantai hingga celah terkecil, sehingga dapat menghindari si kecil terpapar kuman di lantai.

Selain itu, aromatic spanya akan membuat anak merasa nyaman, dan rumah akan wangi hingga 12 jam.

Selamat mencoba.