Orang tua harus selalu memantau tumbuh kembang anak sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar apa-apa yang bersinggungan dengan pertumbuhan Anak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Untuk mengetahui bagaimana memantau tumbuh kembang si kecil, Orangtua perlu untuk tahu beberapa hal di bawah ini:

Pertumbuhan Fisik-Motorik

Hal yang pertama yang bisa diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak adalah pertumbuhan fisik. Kurang maksimalnya proses pertumbuhan fisik pada anak merupakan salah satu tanda dia memiliki masalah dalam pertumbuhannya secara keseluruhan. Peran orang tua yang harus jeli dan jika perlu rutin untuk mengecek pertambahan berat badan anak, tinggi badan dan juga otot anak pada dokter.

Perkembangan Sosial

Pada tahap pertumbuhan dan perkembangan sosial seorang anak, maka bisa dilihatnya dari sejauh mana kemampuan mereka dalam menyesuaikan diri serta bagaimana cara mereka mengembangkan tingkah laku sosialnya terhadap lingkungan sekitar. Misalnya saja, Orang tua bisa mengamati bagaimana cara dia bergaul dengan teman sebayanya, bagaimana cara dia melihat orang lain atau bagaimana cara dia mengenali tanda bahaya dari lingkungannya.

Perkembangan Bahasa

Hal yang harus diperhatikan dan terus adalah kemampuan anak dalam berbahasa. Kemampuan berbahasa merupakan media seseorang untuk mengekspresikan diri untuk memberi tahu kebutuhan dan keinginannya, termasuk apa yang dia pikirkan tentang sekitar.

Perkembangan Kognitif dan Emosi

Secara harafiah, perkembangan aspek kognitif merupakan sebuah proses di mana seorang anak akan mulai bisa mendapatkan pengetahuan tentang dunia yang ada di sekitar dirinya. Untuk mengamati semua proses tersebut, orang tua bisa melihat dari kemampuan berfikir anak secara keseluruhan, kemampuan belajarnya, kemampuan menangkap benda atau objek lainnya, kemampuan mengingat serta kemampuan dalam memahami bahasa, termasuk memahami sebuah perintah.

Pada fase ini, anak cenderung lebih aktif dan susah diatur. Cara terbaik adalah dengan membiarkan anak bermain di lantai bersama beberapa mainan, namun tetap dalam pengawasan orang tua.

Orangtua pun harus selalu menjaga kebersihan rumah agar anak terhindar dari penyakit yang disebabkan kuman dan debu. Penting untuk mengepel rumah setiap hari menggunakan SoKlin Lantai. Nano Technology dalam SoKlin lantai mampu membersihkan rumah hingga sela terkecil dan Aromatic Boosternya membuat rumah wangi hingga 12 jam.