Orang tua harus kenal bakat anak untuk mengarahkannya sesuai kemampuan sejak dini. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui hal tersebut, salah satunya dengan membuatkan ruang kreasi khusus untuk si kecil.

Ruang Kreasi ini akan semakin mengoptimalkan potensinya karena seluruh kegiatan terpusat di satu ruangan. Tidak hanya sebagai ruang berkarya, ruangan seperti ini juga bisa dimanfaatkan anak-anak untuk belajar dan lebih leluasa mengeksplorasi bakat.

Jika Anda tertarik untuk merancang ruang kreasi sendiri, ikuti beberapa tips yang dilansir dari Houzz.com berikut ini:

Buat ruangan tampak menarik untuk anak

Faktor yang paling penting saat membuat ruangan khusus untuk anak adalah membuatnya menarik sehingga mereka bersemangat ketika berada di dalamnya. Cat dinding dengan warna yang cerah seperti warna hijau muda atau biru langit bisa jadi pilihan tepat.

Sediakan perabotan seperti kursi dan meja khusus untuk anak agar mereka bisa berlama-lama di ruangan tersebut. Siapkan juga pencahayaan yang baik agar tidak merusak mata anak dan mendukung kreativitasnya.

Pilih bahan-bahan yang ramah anak

Karena ruangan ini digunakan untuk anak berkreasi dan dalam waktu yang lama, gunakan perabotan dengan permukaan yang mudah dibersihkan. Termasuk di dalamnya adalah pemilihan lantai.

Jika mengganti seluruh lantai akan menghabiskan terlalu banyak biaya, tambahkan lapisan vinyl di bawah meja untuk menangkap tumpahan cat yang mungkin berjatuhan.

Akses yang mudah untuk anak

Yang harus diingat ketika menyimpan barang-barang di ruangan ini adalah mudah diakses anak. Jangan membuat anak malah kesulitan ketika mereka berusaha mengambil barang tersebut.

Beberapa wadah yang cocok digunakan untuk menyimpan adalah keranjang, kotak transparan, mangkuk kecil dan juga wadah pencetak kue muffin.

Sediakan tempat khusus menampilkan karya

Pilih salah satu sisi di ruangan tersebut untuk menampilkan hasil karya anak. Sediakan papan magnet agar memudahkan anak untuk memasang hasil karyanya.

Salah satu cara kreatif lain adalah dengan mengecat dinding dengan bentuk bingkai dan menjadikan area tengah sebagai tempat khusus untuk memasang hasil karya tersebut.

Ajari anak untuk membersihkan ruangan tersebut

Anak-anak sebenarnya tidak keberatan untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih jika bisa dilakukan dengan mudah. Gunakan wadah terbuka agar anak bisa dengan mudah meletakkan barang-barang tersebut di tempatnya lagi.

Bagi orang tua, jangan lupa untuk selalu membersihkan lantai ruang kreasi secara rutin agar ruangan semakin nyaman. Selalu gunakan SoKlin Lantai setiap kali mengepel rumah karena Nano Technologi dalam SoKlin Lantai membantu membersihkan ruangan hingga ke sela terkecil. Selain itu, Aromatic Spa-nya akan membuat anak semakin merasa nyaman, dan ruangan tetap wangi hingga 12 jam.