Membersihkan rumah memang wajib dilakukan, agar rumah tetap rapi, bersih dan bebas bakteri di setiap area.  Untuk kegiatan bersih-bersih rumah, Michael Smolensky, penulis buku 'The Body Clock Guide To better Health' menyarankan kita melakukannya pada pukul 15.13. Pada waktu ini, koordinasi tangan dan mata sedang bagus-bagusnya sehingga mata lebih jeli menemukan kotoran maupun debu, sementara tangan bergerak dengan baik mengikuti arah mata.

Di jam-jam ini pula, tingkat endorphin tinggi. Hormon yang mengurangi rasa sakit ini akan meminimalisir pegal-pegal ataupun linu yang biasanya sering dialami ketika menyapu dan mengepel lantai, membereskan rak, menyortir barang-barang tidak terpakai atau mengelap jendela.

Tapi tidak seluruh area atau peralatan rumah harus dibersihkan setiap hari.

Berikut beberapa area dan peralatan rumah yang hanya perlu dibersihkan dalam waktu tertentu.

Setiap Hari

1. Cucian Pakaian

Mencuci pakaian sebaiknya dilakukan setiap hari supaya bakteri dalam baju kotor tidak berkembang biak

2. Cucian Piring

Piring kotor tidak baik bila dibiarkan semalaman apalagi bila direndam air. Karena air kotor justru menjadi tempat bakteri berkembang biak. Bagi Anda, mungkin piring dan gelas kotor setelah makan bukan perkara penting yang harus langsung dicuci saat itu juga. Menundanya beberapa waktu untuk bersantai-santai dahulu tentunya tak ada salahnya. Padahal, menunda mencuci piring-gelas dan perlengkapan makan lainnya, dalam sekejap bisa menumpuk, bau dan juga tentunya kotor bukan, Mams? Biasakan untuk langsung mencuci perlengkapan makan setelah makan, dan perlengkapan memasak setelah selesai menggunakannya.

3. Meja Makan dan Meja Dapur

Bersihkan meja makan menggunakan kain basah untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel pada permukaannya.

Jaga meja dapur Anda tetap bersih. Pastikan selalu menyeka meja dapur setidaknya sekali sehari. Dan jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk memasak, selalu pastikan setelah usai memasak, Anda benar-benar membersihkan meja dapur sampai bersih guna menghilangkan kumpulan bakteri.

4. Bak Cuci Piring

Walau selalu terpapar sabun saat Anda mencuci piring, namun bak cuci piring tetap harus dibersihkan setiap hari. Praktisnya, cukup bersihkan dengan sabun pencuci piring dan bilas menggunakan air hangat. Perabotan rumah tangga dapat dibersihkan menggunakan kain microfiber (Tidak akan meninggalkan goresan), serta permukaan keran  dibersihkan dengan produk yang tidak mengandung asam kuat atau klorin.

5. Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Area yang harus dibersihkan antara lain ubin kamar mandi menggunakan squeegee (Alat dengan pisau datar dari karet yang biasanya digunakan untuk menghapus cairan dari permukaan datar). Dinding kamar mandi perlu dibersihkan setiap hari. Sisa make-up, rambut rontok, dan kotoran lainnya akan dengan mudah tumbuh menjadi alergen dalam waktu sehari. Jadi cobalah untuk tidak mengabaikan area ini.

6. Tempat Tidur

Membereskan tempat tidur Anda setiap hari tidak hanya membantu menjaga kamar tidur tetap rapi, tapi juga memastikan seprai Anda tetap bersih saat Anda bepergian. Dan lagi, tak ada yang lebih menyenangkan daripada naik ke tempat tidur yang bersih, rapi dan nyaman saat kantuk sudah melanda bukan, Mams?

Seminggu Sekali

1. Membersihkan Debu

Membersihkan debu meja, rak buku, dan semua area yang sulit dijangkau akan menjamin rumah Anda akan bersih dan nyaman.

2. Vacuum

Karena lantai dan karpet menjadi pijakan setiap harinya, maka harus divacuum. Tapi untuk karpet harus dilaudry setidaknya setahun sekali di luar vacuum yang dilakukan seminggu sekali.

3. Seprei

Seprei tidak termasuk dalam golongan pakaian yang harus dicuci setiap hari. Namun mengingat kemungkinan adanya tungau maka seprei harus diganti dan dicuci seminggu sekali, terpisah dari pakaian menggunakan air bersuhu tinggi. Kain pel atau kain lap sebaiknya juga dicuci seminggu sekali. Seprei dan selimut mudah kotor, apalagi bila memiliki anak balita. Maka  disarankan menggantinya 1 minggu sekali. Lakukan di hari minggu malam, maka Anda akan memulai minggu baru Anda dengan tempat tidur ‘baru’.

4. Kulkas

Kulkas bisa dibersihkan dengan air semprotan yang dicampur baking soda sebagai penangkal bau tak sedap. Isi lemari dapur dan lemari es akan terus menumpuk bila secara rutin tak dirapikan. Belum lagi dengan bahan makanan yang sudah kadaluwarsa dan berisiko bau serta berjamur. Walau mungkin isi lemari dapur dan lemari es Anda tak berkurang banyak, namun bila isinya terjaga dari makanan basi dan juga rapi, Anda pasti akan lebih senang melihatnya.

5. Cermin

Gunakan pembersih alami dan serba guna untuk menghilangkan semua debu, sidik jari, dan tetesan air. Lemon merupakan bahan alami yang sering juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan cermin. Peras lemon dalam suatu wadah, bisa juga dengan gelas. Oleskan secara merata lemon dengan menggunakan kapas ke permukaan cermin. Lakukan pengelapan menggunakan lap kering dan bersih secara menyeluruh. Pastikan sampai kering agar cermin anda tampak lebih kinclong.

6. Tungku kompor

Seminggu sekali adalah waktu yang tepat untuk membersihkan tungku kompor. Rendam tungku kompor dalam air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu cuci dengan sabun cuci piring lalu dibilas sampai bersih. Tapi untuk pembersihan permukaan kompor bisa dilakukan setiap kali usai memasak.

Sebulan Sekali

1. Gorden

Baik gorden ataupun window blinds, meskipun jarang tersentuh namun bisa jadi sarang bagi debu. Maka gantilah gorden atau bersihkan window blinds satu bulan sekali.

2. Matras

Percaya atau tidak, kasur Anda juga perlu dibersihkan sebulan sekali. Bersihkan secara perlahan dengan menggunakan vacuum.

3. Ventilasi

Ini juga merupakan tempat bersarangnya debu dan allergen. Jadi, bersihkan setidaknya 1 bulan sekali ya.

4. Lampu Gantung

Debu-debu di rumah tentunya juga akan bersarang di lampu gantung Anda. Gunakan tangga dan bersihkan dengan hati-hati menggunakan perlengkapan pembersih.

5. Bantal-guling

Bantal guling juga bisa ditempeli debu dan keringat. Sebulan sekali, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci.

6. Oven

Sebelum dibersihkan, panaskan oven selama 20 menit, setelah itu bersihkan dengan deterjen khusus stainless steel atau menggunakan baking soda yang sudah dicampur air lalu semprotkan ke bagian dalam microwave. Baking soda dapat membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada microwave. Jadwal membersihkan oven dapat disesuaikan dengan seberapa sering Anda menggunakannya. Semakin sering Anda menggunakannya, maka Anda juga harus lebih sering membersihkannya.

So,  bagi Anda yang malas bersih-bersih, cobalah mengambil sapu, kain pel atau vacuum cleaner pada siang menjelang sore. Mungkin saja bisa lebih bersemangat membereskan dan membersihkan rumah atau mungkin meja kantor, dan hasilnya pun jadi lebih maksimal.

Gunakan So Klin Lantai setiap kali Anda mengepel rumah. Aromatic Boostersnya akan membuat ruangan wangi hingga 12 jam. Anda bisa memilih varian wangi aromatic spa So Klin Lantai sesuai selera. Wanginya akan membuat Anda bersemangat sepanjang hari.